Kebudayaan Indonesia

Rabu, 14 Maret 2018

PAKAIAN ADAT BALI

Pakaian Adat Bali

pakaian adat bali
riasbali.com
Pakaian adat bali ini memiliki 2 jenis, yakni jenis atau motif pakaian yang digunakan oleh kaum pria, dan jenis yang kedua ialah pakaian adat yang memang dibuat dengan desain untuk pemakaian para kaum wanita. Berikut dibawah ini ialah penjelasan tentang masing-masing jenis pakaian adat bali untuk pria dan wanita

Pakaian Adat Bali Pria

pakaian adat bali
bliblinews.com
Nah baju adat bali pria ini memiliki berbagai macam bentuk dan jenisnya, ada juga yang dipakai untuk menghadiri sebuah acara keagaan dan juga ada yang menggunakan pakaian adat tersebut untuk menghadiri sebuah undangan atau sebuah acara pernikahan atau acara-acara lainnya yang selalu ada dikehidupan sehari-hari.
Berikut dibawah ini ialah jenis-jenis aksesoris yang terdapat di dalam baju adat bali:

Baju Adat Bali Memiliki Ikat Kepala

pakaian adat bali
adat-tradisional.blogspot.com
Udeng atau ikat kepala ini ialah termasuk perlengkapan aksesoris yang digunakan di pakaian adat Bali untuk pria. Ikat kepala atau udeng ini ialah merupakan aksesoris yang berbahan kain dan juga dipakai untuk penutup kepala sebagai sarana pelaksanaan ibadah.
Selain dari itu, udeng kepala juga ini kerap kali dipakai untuk kegiatan atau aktivitas-aktivitas pada kehidupan sehari-hari. Udeng atau ikat kepala yang digunakan untuk acara keagamaan salah satunya ialah udeng yang berwarna putih, sementara ikat kepala atu udeng yang digunakan untuk kegiatan aktivitas sehari-hari ini ialah udeng yang memiliki motif atau corak batik di permukannya.
Model ikat kepala yang lucu dan unik dan juga disertai adanya simpul pada bagian tengahnya ini memliki atau mempunyai sebuah lambang yang mana lambang tersebut harus memiliki atau mempunyai fikiran yang jernih dan tidak kotor, dan juga selalu memfokuskan pikiran-pikiran ketika sedang melakukan atau melaksanaan ibadah.

Kain Kamen Bali

pakaian adat bali
kainbaliya.com
Kain kamen ialah kain yang digunakan sebagai sarana pengganti dari celana. Pakaian adat bali ini tidak memakai celana, karena bawahan dari pakaian adat tersebut menggunakan kain kamen yang mempunyai ukuran panjang kain hingga 2 meter dan lebarnya 1 meter sebagai pengganti dari celana.
Kain kamen ini diikatkan di pinggang dengan cara memutar atau melingkar mulai dari ke kanan dan ke kiri. Ada juga pada ikatan tersebut terdapat simbol, yakni Dharma. Pemakaian di bagian bawah ini harus satu jengkal jaraknya dari kaki dan diiringi dari bentuk lancip di bagian ujung yang menghadap ke bawah, dan bersentuhan dengan tanah ini merupakan sebuah bentuk hormat kepada Ibu Pertiwi.

Pakaian Bali

pakaian adat bali
sewabusanabetawi.blogspot.co.id
Adapun baju yang ada pada atribut pakaian adat bali ialah merupakan salah satu jenis model baju yang tertutup dan juga mempunyai suatu wujud baju yang memliki bentuk sepintas apabila dibandingkan dengan baju-baju safari. Mesipun demikian, dalam prinsip pakaian yang dibakai tidak ada aturan-aturan yang khusus, dan salah satu hal yang dipentingkan itu bersih pakaiannya, terlihat rapih dan sopan.

Sabuk Aksesoris Pakaian Adat Bali

pakaian adat bali
pinterest
Pakaian adat bali pria juga memiliki sabuk dan berbagai macam perhiasan-perhiasan lainnya. Ada juga selendang kecil yang memiliki warna kuning dipakai sebagai sarana pelengkap an penguat kain kamend dan saput. Ikatan yang dipakai itu ialah merupakan ikatan dengan menggunakan simpul hidup dan ikatan tersebut diikatkan di posisi sebelah kanan.
Langkah-langkah dalam mengikat itu mengandung arti bahwasanya pria Bali ini selalu mengontrol segala sesuatu hal yang buruk dari berbagai macam kehidupannya. Pakain adat Bali untuk pria yang digunakan hanya pada setiap acara-acara tertente contohnya seperti pernikahan dan juga dilengkapi dengan perlengkapan aksesoris lainnya seperti keris, kemeja, jas, jaket dan juga alas kaki yang tidak akan pernah tertinggal,

Saput Bali

pakaian adat bali
penawaranbajuadatbali.blogspot.co.id
Kain untuk penutup dibagian bawah yang digunakan setelah dipasangnya kain kamen. Ada juga langkah-langkah cara memakainya itu yakni dengan cara saput tersebut diikatkan pada pinggang dengan cara mengikat berputaran lawan arah jarum jam.
Kain penutup ini tidak jarang digunakan ketika adanya sebuah kegiatan acara atau kegiatan ibadah.

Pakaian Adat Bali Wanita

pakaian adat bali
satujam.com
Setelah kita mengulas tentang pakaian adat pria, maka selanjutnya mari kita mengulas pembahasan tentang pakaian adat bali wanita dan apa saja aksesoris-aksesoris yang terdapat pada pakaian adat tersebut. Yuk langsung saja simak baik-baik pembahasan yang telah tertulis dibawah ini.

Menggunakan Sanggul Bali

pakaian adat bali
hipwee.com
Cara mengatur atau menata rambut dengan ornamennya memiliki syarat khusus untuk para kaum wanita Bali. Paling tidak adanya 2 jenis bentuk tata rambut perempuan ataupun sanggul yang bisa digunakan, yaitu pusung tagel, pusung gonjer dan pusung kekukupu.
Biasanya pusung kekupu ini dinamakan sebagai pusung podgala yang digunakan khusus untuk para kaum wanita yang sudah memiliki status janda atau wanita yang sudah ditinggal meninggal, cerai dan lain sebagainya oleh pasangan wanita tersebut (suami)
Pusung gonjeng digunakan secara khusus untuk perempuan yang masih single (lajang) atau juga bisa disebut wanita yang belum menikah dan belum memiliki pasangan hidup, dan yang terakhir ialah pusung tagel yang mana pusung tagel ini ialah pusung yang digunakan secara khusus untuk para kaum wanita yang sudah menikah dan memiliki pasangan hidup.

Kebaya Bali

pakaian adat bali
dellatantiyana.blogspot.co.id
Biasanya kebaya yang biasanya digunakan untuk pakaian adat perempuan Bali yakni kebaya yang terdapat motif simpel yang diiringi dengan warna-warna yang sangat cerah. Pengelompokkan kebaya dengan bentuk seperti itu dapat mempertunjukkan sisi keanggunaan dan sisi kecantikan perempuan Bali.
Untuk kebaya yang akan digunakan untuk acara pernikahan atau menghadiri acara pernikahan teman, dan juga apabila ingin melakasanakan suatu ibadah maka kebaya yang harus digunakan itu harus bersih dan tanpa adanya noda yang terlihat sedikit pun.

Kain Kamen Bali Wanita

pakaian adat bali
satujam.com
Untuk dibagian bawahnya, pakaian adat Bali untuk perempuan dan juga disertai oleh kamen. Kain-kain kamen tersebut dipakai untuk menyembunyikan dan melindungi tubuh di bagian bawah hingga satu telapak tangan dari lutut.

 https://baabun.com/pakaian-adat-bali/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar