Kebudayaan Indonesia

Minggu, 18 Maret 2018

MAKANAN KHAS JAWA BARAT

Daftar Makanan Khas Jawa Barat




  1. Cireng Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak
Makanan khas Jawa Barat yang banyak digemari ini adalah Cireng. Seperti halnya batagor, cireng juga singkatan dari Aci goreng atau aci digoreng, itu mungkin yang menjadi ciri satu lagi makanan khas Jawa Barat dalam kreatifitas penamaannya disingkat.
Makanan ini memiliki varian diantaranya ada rasa daging ayam, sapi,  baso, sosis, hingga keju dan juga ayam teriyaki.
Makanan khas Jawa Barat ini terbuat dari tepung tapioka yang dibumbui kemudian digoreng. Bahan untuk membuat makanan ini seperti tepung tapioka, tepung terigu, air, garam, merica bubuk, bawang putih, daun bawangm kedelai, dan minyak goreng.
Sekarang sudah sangat banyak macam dan rasa dari cireng. Kalau dulu cireng hanya 1 warna dan rasa.
  1. Hayam Bakakak Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak
Selanjutnya yang juga termasuk sebagai makanan khas Jawa Barat ini adalah Hayam Bakakak.
Nama makanan khas Jawa Barat Hayam Bukakak, artinya adalah masakan berbahan dasar ayam yang dibumbui khusus khas Sunda dan proses memasaknya dengan cara dipanggang. makanan khas Jawa Barat ini memiliki rasa yang sangat enak dan lezat.
Biasanya ayam panggang disajikan dalam bentuk dipotong-potong, tapt makanan khas Jawa Barat yang dimasak adalah ayam utuh, hanya dibuang bagian jeroannya saja. Jadi untuk menikmatinya memerlukan beberapa orang untuk menghabiskannya.
Makana khas Jawa Barat ini disajikan dengan sambal merah atau dengan sambal hijau yang disebut sambal beledug.
  1. Kerupuk Melarat/ Kerupuk Miskin Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak
Nama makanan khas Jawa Barat yang unik ini adalah Kerupuk melarat atau disebut juga kerupuk miskin.
Kerupuk miskin adalah kerupuk khas cirebon. Kenapa disebut dengan kerupuk miskin atau melarat? Karena makanan khas Jawa Barat ini terbuat dari tepung aci atau tapioca. Makanan khas Jawa Barat ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh keluarga dirumah.
Uniknya dalam pengolahan makanan khas Jawa Barat ini tidak menggunakan minyak goreng melainkan menggunakan pasir yang dipanaskan sehingga disebut kerupuk miskin.
Tapi jangan khawatir pasir menempel di kerupuk, karena secara otomatis pasir akan lepas jika kerupuk sudah matang dan mengembang. Makanan khas Jawa Barat ini paling pas disajikan dengan sambalnya.
  1. Sega Lengko Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak
Seanjutnya nama makanan khas Jawa Barat yang juga sangat nak ini adalah Sega lengko atau disebut nasi lengko. Makanan khas Jawa Barat  ini adalah makanan khususnya bagi masyarakat pantura seperti Cirebon dan Indramayu.
Makanan khas Jawa Barat ini kaya dengan protein, serat dan rendah kalori. Yang lebih baik lagi adalah non hewan, jadi buat sobat yang vegetarian, sega lengko mungkin cocok.
Makanan khas Jawa Barat ini terbuat dari bahan diantaranya yaitu nasi putih yang dalam penggunaanya masih panas lebih akan lebih baik, tahu goreng, tempe goreng, mentimun yang mentah dan dicacah, daun kucai yang dipotong kecil-kecil, tauge yang direbus, bawang goreng, bumbu kacang seperti bumbu rujak dan kecap manis yang encer.
  1. Cumi Hideung Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak
Cumi Hideung juga termasuk ke dalam daftar nama makanan khas Jawa Barat. Mungkin makanan khas Jawa Barat yang satu ini banyak orang belum tahu.
Cumi hideung adalah masakan khas tradisional sunda, makanan khas Jawa Barat ini menggunakan bahan yang terbuat dari cumi-cumi.
Hideung sendiri dalam bahasa Indonesia artinya hitam, cumi hideung adalah ikan cumi yang dimasak sekaligus dengan tinta hitamnya sehingga berwarna hitam. Baru kali ini bukan mendengar memasak cumi dengan tintanya.
Ternyata rasa yang dimiliki makanan ini memang sangat luar biasa enaknya. Makanan khas Jawa Barat ini bisa dijadikan lauk atau dimakan tanpa lauk juga bisa.
  1. Karedok Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak
Berikutnya yang juga menjadi salah satu nama makanan khas Jawa Barat Kyang sangan populer ini adalah Karedok.
Karedok adalah makanan yang dibuat dengan sayur-sayuran mentah. Jika kamu pernah makan gado-gado, bumbunya hampir sama dengan gado-gado tapi yang membedakan hanya sayur mentahnya saja.
Dalam pembuatan makanan khas Jawa Barat ini bisa menggunakan sayur apa saja, tetapi yang umum digunakan adalah kacang panjang, terong bulat, kol, taoge, ketimun dan daun kemangi.
Makanan khas Jawa Barat ini menggunakan bumbu seperti cabai merah, kencur, bawang putih, kacang tanah goreng, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.
  1. Empal Gentong Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak
Kalo makanan khas Jawa Barat yang satu ini pasti mau tahu yakni Empal gentong. Empal gentong adalah makanan khas Jawa Barat yang berasal dari daerah Cirebon.
Dinamakan empal gentong karena tempat untuk menaruh kuah adalah sejenis kuali dan lebih terkenal dengan nama gentong, oleh karena itu dinamakan empal gentong.
Makanan khas Jawa Barat ini mirip dengan gule. Empal gentong terbuat dari bahan utama adalah daging sapi, usus dan babat. Ciri pedas khas jawa barat adalah sambalnya. Untuk menikmati empal gentong bisa dengan nasi atau juga lontong.
Empal gentong yang terkenal adalah Empal Gentong Mang Darma Krucuk, alamat tepatnya di Jalan Slamet Riyadi Nomor 5 Cirebon.
  1. Batagor dan Siomay Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak
Batagor dan siomay, kamu sudah pasti tahu kan kedua makanan ini. Batagor dan siomay merupakan makanan khas Jawa Barat yang berasal dari Bandung yang sangat populer di semua kalangan.
Makanan ini terbuat dari  tahu yang telah dilembutkan dan diisi adonan berbahan dasar ikan tenggiri dan dicampur dengan tepung tapioka dibentuk bola dan digoreng dalam minyak panas.
Siomay hampir sama dengan batagor, sama berbahan dasar ikan tengiri namun cara memasak makanan khas Jawa Barat ini dengan dikukus.
Siomay bisa juga digoreng untuk variasi lain. Makanan disajikan menggunakan sambal kacang ditambah kecap dan saos.
Beberapa kedai yang terkenal dengan makanan khas Jawa Barat nya ini seperti Batagor Haji Isan yang merupakan pelopor batagor bandung, batagor riri, batagor yunus, batagor burangrang, batagor darto, batagor raja, batagor lucky dan batagor kingsley. Semuanya memiliki cita rasa yang sangat lezat dan wajib kamu coba.
  1. Comro dan Misro Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak
Salah satu makanan khas Jawa Barat ini bernama Comro dan misro. Comro dan misro ini merupakan makanan khas yang terbuat dari parutan singkong, lalu dibentuk bulat dan diberi isian didalamnya.
Yang membedakan kedua makanan ini, bagian dalam comro diisi dengan sambal oncom, sedangkan bagian dalam misro diisi dengan gula merah. Makanan ini dimasak dengan cara digoreng.
Karena itulah mengapa makanan khas Jawa Barat tersebut dinamakan comro, yakni yang berasal dari singkatan oncom di jero atau oncom di dalam, sedangkan misro yang berasal dari singkatan amis di jero atau artinya manis di dalam.
Kedua makanan ini cukup dikenal banyak orang dan bisa menjadi kudapan yang enak dan lezat disantap saat masih hangat, apalagi daam cuaca dingin pasti lebih nikmat.
  1. Surabi Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak
Surabi atau yang kadang disebut dengan serabi ini merupakan makanan khas Jawa Barat yang menjadi jajanan banyak orang. Surabi ini rasanya memang sangat enak, tak heran jika makanan ini menjadi jajanan yang paling populer.
Terdapat 2 jenis surabi, yaitu surabi manis dan surabi asin. Surabi manis disajikan dengan tambahan kinca gula merah yang terbuat dari gula merah, gula pasir, santan dan daun pandan.
Sedangkan surabi asin menggunakan tambahan oncom yang telah dibumbui di atasnya. Biasanya makanan khas Jawa Barat ini dijajakan di pagi hari karena bias dijadikan sebagai kudapan sarapan pagi.
  1. Gepuk Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak
Selanjtunya makanan khas Jawa Barat yang juga sangat populer ini adalah gepuk. Jajanan yang satu ini adalah makanan khas yang terbuat dari daging sapi, rasanya memang terasa sedikit manis dan sangat gurih.
Cara pembuatan gepuk ini daging sapi yang diris searah dengan serat daging dan direbus setengah matang, kemudian dipukul sampai sangat lembut.
Biasanya daging yang sudah empuk itu direndam kedalam bumbu yang dicampur dengan santan, setelah itu direbus kembali, sampai air santan menyusut tinggal segelas air saja.
Apabila kamu ingin menyajikan gorenglah gepuk ini dengan sedikit minyak hingga kecokelatan lalu angkatlah. Makanan khas Jawa Barat yang satu ini paling enak disantap dengan nasi hangat dan sambel.
  1. Tahu Jablay Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak
Siapa yang tidak mengenal nama makanan khas Jawa Barat yang bernama tahu jablay ini. Memang cukup unik dan juga membuat penasaran untuk memakannya. Karena dari namanya saja sudah cukup menarik.
Tahu Jablay ini merupakan tahu yang dipotong hingga membentuk dadu, kemudian digoreng dengan tepung krispi dan biasanya akan lebih nikma jika dimakan selagi panas.
Makanan khas Jawa Barat ini hanya ada di beberapa tempat saja, dahulu tahu seperti ini banyak yang menyediakan di kota.
Tetapi, sekarang tinggal sedikit sekali yang masih menjual tahu jablay, aliasnya jarang ditemui karena semakin langka. Jika kamu ingin membeli makanan ini, harganya pun juga sangat murah yakni hanya Rp 3.000 saja setiap porsinya.
  1. Peuyeum Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak
Berikutnya makanan khas Jawa Barat yang sangat terkenal ini adalah peuyeum atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan tapai.
Makanan ini merupakan olahan makanan manis yang dibuat dengan proses fermentasi. Jka kamu belum pernah mencobanya, kamu bisa datang ke jawa barat untuk mendapatkannya.
Peuyeum ini memiliki 2 jenis yang berbeda dari bahan pembuatannya, yakni jenis peuyeum yang terbuat dari bahan dasar singkong yang disebut dengan peuyeum sampeu.
Kemudian yang kedua adalah peuyeum yang terbuat dari bahan dasar beras ketan, yang biasa disebut dengan peuyeum ketan. Tetap keduanya juga sama-sama enak loh.
Makanan khas Jawa Barat ini memiliki rasa yang enak dan sangat terkenal, khususnya di kota Bandung. Bahkan banyak sekali pengunjung dan wisatawan yang menjadikan peuyeum ini sebagai oleh-oleh khas ketika sedang berkunjung ke Jawa Barat.
  1. Colenak Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak
Nah kalo makanan khas Jawa Barat yang bernama colenak ini juga merupakan makanan yang sangat nikmat dan unik namanya.
Kata colenak adalah singkatan dari kata bahasa Sunda yakni dicocol enak. Colenak ini terbuat dari tapai singkong yang dibakar dancara menikmatinya biasanya disantap dengan cara dicocolkan ke gula jawa cair yang diberi campuran parutan kelapa.
Makanan khas Jawa Barat ini memiliki teknik dalam memasaknya, karena kandungan gula yang terkandung dalam tapai membuatnya mudah gosong.
Meskipun demikian, banyak orang mengatakan itulah bagian terbaiknya dalam menyajikan makanan khas dari daerah Jawa Barat tersebut.
  1. Kupat Tahu Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak
makanan khas Jawa Barat lainnya yang cukup unik kali ini adalah kupat tahu. Ada dua jenis gagrak kupat tahu yakni kupat padalarang dan kupat tahu yang di Bandung.
Yang membedakannya kupat tahu Padalarang bumbunya cenderung cair dengan aroma manis dan gurih, sedangkan kupat tahu makanan khas Bandung bumbunya terbuat dari saus kacang yang sangat kental.
Tetapi, isi dari kedua jenis kupat tahu tersebut relatif sama yaitu kupat atau lontong, tahu dan toge.
Asalkan kamu tahu, ternyata Kota Bandung merupakan penjajan Kupat Tahu yang legendaris dan selalu mendagangkan makanannya, kupat tahunya setiap pagi di kawasan Pasar Gempol, sehingga seringg disebut dengan nama Kupat Tahu Gempol.
Bahkan ada yang berbeda dari Kupat Tahu Gempol ini yang terletak pada bumbunya yang rasanya mantap dan lontongnya yang sangat kenyal. Jika kamu datang ke bandung, kamu bisa mecoba langsung makanan ini di kawaasan pasar gempol.



sumber : https://halomuda.com/makanan-khas-jawa-barat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar